Rumah Budaya Banda Neira

Silahkan mengisi buku tamu serta memberikan donasi sebesar Rp. 20.000,- perorang. Dan guide segera akan memandu kita berkeliling museum yang pada masa pendudukan Belanda berfungsi sebagai gudang.

Saat ini museum terdiri dari 2 ruang pamer kecil yang mengapit ruang pamer utama dan satu ruang di bagian belakang yang didominasi koleksi keramik , juga merangkap sebagai ruang perpustakaan.

Sempatkan untuk melihat semua koleksi di museum ini, karena walaupun kecil, koleksinya mencakup dari belahan dunia timur sampai barat. Ada berbagai benda peninggalan dari Tiongkok dan Timur Tengah seperti mata uang, gerabah, yang menunjukkan bahwa sebelum VOC datang, saudagar dari Asia sudah menjalin hubungan dagang dengan penduduk Kepulauan Maluku pada umumnya dan Banda Neira pada khususnya. Selain juga kita akan melihat peninggalan dari VOC. Seperti meriam, lukisan, keramik dan alat musik.

Satu lagi, pengunjung akan terkesima dengan sebuah lukisan besar yang terpampang di ruang pamer utama. Lukisan muram tersebut mengenai pembantaian 40an orang kaya banda dengan samurai oleh algojo sewaan dari Jepang atas instruksi Jan Pieterzoon Coen pada 1621 di benteng Nassau. Salah satu samurai berdarah tersebut termasuk salah satu koleksi di Rumah Budaya. Peristiwa traumatik tersebut akan kami tuliskan tersendiri.

Sedangkan di sebelah kanan ruang pamer utama, terdapat alat musik peninggalan penjajahan Belanda yang masih terawat dengan baik, seperti piringan hitam, klarinet(?), gramophone mengelilingi seperangkat meja kayu yang indah.

Sebelum pulang, mari beranjak ke ruangan pamer terakhir yang terletak di bagian belakang. Kita akan melihat berbagai kendi kuno yang berasal dari negeri Tiongkok, dengan berbagai ukuran.

Tampak juga perpustakaan mini yang tema koleksi bukunya cukup beragam.

Singgahlah ke Rumah Budaya saat berkunjung ke kepulauan Banda Neira, agar kita memahami mata rantai sejarah panjang dan signifikan Banda Neira bagi Indonesia kita tercinta.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this:
search previous next tag category expand menu location phone mail time cart zoom edit close